Postingan kali ini mengingatkan saya kepada atraksi sulapnya Romi
Rafael. Terkadang, selain hipnotis, Romi sering memperagakan atraksi
hipnotis dengan cara lain, yaitu dengan mempengaruhi pikiran alam bawah
sadar korban melalui kata-kata tanpa sedikitpun membuat korbannya
tertidur. Apakah anda percaya bahwa pengulangan kata-kata dapat
mempengaruhi prilaku terhadap apa yang akan dilakukan seseorang
nantinya?? yaa..kalau ditanyakan kepada saya, jawabannya 'Ya!' saya percaya!
Begitu
juga halnya dengan pengaruh warna pada strategi marketing dan
pemasaran. Para peneliti di luar negeri sana percaya, bahwa warna
berperan cukup besar dalam mempengaruhi keputusan seseorang membeli
sebuah produk. Pernahkah anda melihat bagaimana warna yang diberikan
untuk desain kemasan makanan anak-anak yang terlihat meriah dengan
paduan warna-warna cerah seperti kuning dan orange? atau..kenapa juga
situs2 dewasa (17 +) sering didominasi dengan warna merah? (eits..saya
liat iklannya, gak ngunjungi situsnya lho.. :D) atau lagi.. kenapa logo
speedy juga didominasi warna merah? pernahkah bereksperimen mengganti
warna logo speedy tersebut dengan warna lain? dan bagaimana
kelihatannya??Hmm..mustahil jika kenyataan2 di atas adalah suatu kebetulan. Ada sebuah konsep warna yang coba ditanamkan dalam produk-2 tersebut, Sebuah konsep warna yang menurut desainer grafis profesional sebagai psikologi warna. Bahwa berarti, setiap warna mewakili image gaya dan sifat tersendiri yang memberi kesan pada suatu produk, dan jika calon konsumen melihatnya..maka akan terpengaruh oleh kesan tersebut dan membelinya.
Berikut beberapa kesan, sifat dan emosi tertentu yang mampu dipancarkan dari suatu warna (dari berbagai sumber) :
Merah - kegembiraan, kekuatan, seks, gairah, kecepatan, bahaya.
Biru - kepercayaan, kehandalan, kekuasaan, kebersamaan, kesejukan.
Kuning - kehangatan, sinar matahari, kegembiraan, kebahagiaan
Orange - muda, kehangatan, bersemangat,
Hijau - alam, segar, dingin, pertumbuhan, perkembangan, melimpah, Natural
Ungu - kerajaan, spiritualitas, martabat, harga diri
Pink - lembut, manis, pemeliharaan, keamanan
Putih - murni, perawan, bersih, muda, ringan.
Black - kecanggihan, elegan, menggoda, misteri
Emas - prestise, mahal, Anggun
Perak - prestise, dingin, ilmiah
Memang tidak ada seorang pun yang menjamin bahwa seseorang akan membeli sebuah produk hanya karena melihat warna dari kemasan produk tersebut. Tapi setidaknya, warna mampu menampilkan kesan dari suatu emosi tertentu yang akan mempengaruhi calon konsumen untuk mengambil keputusan. So, buat para desainer grafis, sudah saatnya memperhatikan setiap warna yang anda berikan pada desain anda.
SUMBER
0 komentar:
Posting Komentar