Sabtu, 20 Oktober 2012

IDENTIFIKASI FONT DENGAN MUDAH


Bagi graphic designer, mengenal dan mengidentifikasi font adalah hal yang dapat meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja. Namun dalam hal tertentu, mengingat dan menimbang kenyataan bahwa jenis font itu ada jutaan, dan mustahil bagi seorang desainer mampu untuk mengenal kesemua font.
Identifikasi terhadap sebuah font sangat dibutuhkan ketika desainer menemui suatu kondisi tertentu. Misalnya, ada logo tidak memiliki file berbasis vektor, namun harus dicetak dalam ukuran besar. Kondisi seperti ini mengharuskan desainer untuk melakukan tracing ulang. Syukur kalau file yang ingin ditrace ulang berukuran besar, bisa dibantu dengan live trace (kalau di Illustrator). Nah..kalau filenya ukuran kecil? Belum lagi fontnya, belum tentu halus jika dilakukan tracing secara otomatis.

Untuk mengatasi kemungkinan di atas, ada situs yang menawarkan tool gratis untuk membantu desainer mengidentifikasi sebuah font. Kita hanya cukup mengupload file hasil scan dimana terdapat font yang tidak kita kenali. Selanjutnya, tool tersebut akan mengidentifikasi font-font yang diasumsikan mirip atau sejenis dengan font yang terdapat pada file scan yang kita upload. Kalau mau praktek langsung, silahkan kunjungi situsnya.

0 komentar:

Posting Komentar